Teknik Dan Aturan Main Dota 2 Bagi Pemula

Game moba dota 2 memang jadi idola banyak gamer di dunia. Permainan online multiplayer yang mengusung strategi tim ini begitu menarik dan asyik dimainkan. Selain itu banyak turnamen berhadiah yang bisa diikuti mulai dari turnamen lokal Indonesia hingga turnamen internasional.

Hadiahnya pun beragam tergantung tingkatan dan siapa penyelenggaranya. Yang paling besar sampai saat ini diberikan oleh The Internasional dengan total hadiah lebih dari 267 miliar rupiah. The International bisa diikuti oleh semua orang di dunia dengan sistem eliminasi secara bertingkat mulai dari perdaerah, negara hingga final di dunia.

Memenangkan turnamen baik yang lokal maupun internasional tentu tidaklah mudah. Anda harus mahir bermain dan memiliki anggota tim yang hebat. Alasannya karena dota merupakan permainan yang dimainkan secara beregu. Meskipun Anda sangat pro dan jago tapi tidak dengan tim Anda, maka kemungkinan menang akan kecil.

Selain itu setiap pemain harus bisa menjalin kerjasama yang baik, saling melindungi, dan jangan kurangi menghina antar pemain. Alasannya supaya Anda bisa fokus bermain. Apabila Anda memiliki teman setim yang masih belajar, jangan pernah memarahi dia ketika melakukan kesalahan.

Namun sebaliknya bimbinglah dia, supaya menjadi pemain yang hebat. Demikian pula bagi Anda yang baru bermain, tentu tidak ingin menjadi beban anggota lain bukan. Oleh karena itu kami akan membagi aturan, teknik, dan pengetahuan umum yang harus diketahui pemain pemula agar tidak salah langkah, berikut penjelasannya.

Aturan Utama Main Dota

Pertama Anda harus mengetahui aturan permainan dota 2. Dota merupakan permainan beregu/tim dimana masing-masing regu memiliki markas bernama “ancient” yang harus dihancurkan. Nama markas ini diambil dari nama permainan itu sendiri yaitu Defense of the Ancient.

Baca juga: Top Four Hero Mobile Legends Agar Tim Anda Menang

Pada game online ini akan ada 2 tim yang saling menyerang yaitu tim sebelah kiri disebut “radiant” dan sebelah kanan disebut “dire”. Dimana tim pertama yang berhasil menghancurkan ancient lawan, dialah yang keluar sebagai pemenang. Perlu Anda ketahui bahwa menyerang ancient tidak bisa dilakukan secara sembarangan. 

Anda bersama tim harus menghancurkan 3 tower dan 2 barracks dalam satu lane terlebih dahulu agar bisa menyerang ancient. Setiap tower dan barracks tentu akan dijaga ketat oleh hero lawan. Disinilah strategi diperlukan. Anda harus bekerjasama dengan anggota tim sebaik mungkin agar bisa menghancurkan markas lawan. 

Jangan khawatir apabila hero Anda mati ditengah war, karena hero bisa bangkit lagi. Anda juga dapat menambah item pada hero untuk menambah power, keahlian, dan energi hero Anda. Item dapat Anda beli mengunakan gold yang didapat ketika war berlasung atau dapat dibeli pada store steam dan aplikasi lain.

Istilah-istilah Dasar Penting Pada Dota

Setelah paham aturan dasar, selanjutnya Anda harus mengetahui istilah-istilah dasar pada permainan dota 2. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahpahaman antar pemain yang membuat kesenjangan pada tim sendiri. Yang pertama ada “lane” atau jalan. 

Pada permainan dota terdapat 3 lane utama yaitu top, middle, dan bottom. Pembagiannya yaitu toplane untuk radiant dan bottom lane untuk dire. Selanjutnya ada XP (experience) dan gold, dimana XP akan memberikan level. Semakin besar level maka hero Anda akan memiliki kekuatan baru.

Baca juga: Item Mobile Legends Tipe Fisik Paling Sangar Buat Attack

Sedangkan gold adalah penganti uang untuk membeli item yang didapat setiap kali Anda berhasil membunuh hero atau creep milik lawan. Ada juga istilah “last hit” yang berarti membunuh terakhir untuk mendapat gold. Anda harus tahu time atau waktu yang tepat untuk melakukan last hit agar gold Anda bertambah.

Kemudian ada creep, creep yaitu pasukan yang membantu Anda. Pasukan ini dijalankan oleh AI sehingga Anda tidak perlu repot-repot menjalankan mereka satu persatu. Anda dapat memblok dan menjalankan mereka secara bersamaan.

Ada 3 macam creep yaitu Melee yang menggunakan senjata pedang, ranged yang berada dibelakang melee, siege yang memiliki damage besar  terhadap bagunan. Selain istilah-sitilah di atas masih ada banyak lagi istilah lain dalam dota 2 yang harus Anda pahamin agar menjadi pemain hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *